Artikel

Jumat, 03 Juni 2011

Pondok Pesantren

Masjid PMDGontor
Pondok pesantren merupakan salah satu badan pendidikan yang menjalankan sistem belajar mengajar dengan sistem 24 jam pembelajaran dan pendidikan.
Pondok  Pesantren di indonesia rata-rata memiliki kurikulum tersendiri, yang mana kurikululum ilmu agama sangatlah menjadi ciri khas utama dari pada lembaga pendidikan ini, walaupun kebanyakn pesantren sekarang-sekarang ini banyak juga yang menggabungkan sistem sekolah, dibawah naungan depag/diknas, dengan sistem pesantren yang fokusnya pengajaran ilmu agama(fiqih, tauhid, ilmu alat bahasa arab, dll) yang sumber pembelajarannya adalah kitab-kitab klasik.
Saat ini, kita biasa mendengar istilah pesantren modern dan pesantren salafiyah. Entah dari mana timbul klasifikasi sistem pendidikan pesantren ini. namun terlepas dari itu, yang patut di apresiasi adalah perkembangan sistem tersebut untuk bisa menyatu dengan sistem sekolahan, salah satunya dengan memasukkan kurikulum SMP/SMA/SMK dipesantren.
Banyak yang keliru mengenai penamaan modern ini, kebanyakan masyarakat mengatakan modern itu dikarenakan sarana dan prasarananya, padahal sebuah pondok disebut modern itu dikarenakan sistem pendidikannya yang 24 jam pendidikan dilingkungan pesantren,  mulai dari kegiatan A-Z dilakukan oleh santri didalam pesantren tanpa melibatkan orang luar, dalam artian betul-betul totalitas dalam mendidiksantri, dan sistem pendidikan yang salah satu acuannya adalah segala yang dilihat, didengar dan dirasakan santri adalah pendidikan bagi santrinya. Hingga saat ini sudah banyak sekali pondok pesantren yang menggunakan menyelipkan kata moderen akan tetapi tidak diketahui bagaimana kualitas sistem pendidikan dalam pesantren tersebut.

Ada banyak sekali pesantren-pesantren besar dengan sistem pendidikannya yang modern, Gontor, Darunnajah jakarta, Darul qolam gintung, Tebu ireng, Lirboyo, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dibawah ini adalah foto-foto sebagian pesantren dari sekian banyak pesantren yang ada:
PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR
Gerbang Menuju daerah dalam Pondok

Masjid jami'


Gedung Rabithah Gontor 1
DARUNNAJAH

masih banyak lagi foto pesantren lainnya, tapi cuma bisa segitu keterbatasan sumber yang dibutuhkan dari web. pesantren yang ingin saya pajang disini..  : )

1 komentar: